Bike / Sepeda · Kota · MTB · sepeda MTB

Aneka Pilihan Kit Sepeda Listrik

Pada awal perkenalan dengan kit sepeda listrik adalah melihat sepeda motor listrik dan sepedalistrik yang built in dan built up alias sudah jadi dan diimpor. Terpikir peluang untuk mengubah sepeda yang ada dengan tambahan dinamo.

Iseng-iseng mencari sejak tahun 2007 dengan mesin pencari. Nyangkut di situs Alibaba.com, yang didirikan sepuluh tahun lalu.

Pilihan jatuh kepada kit yang dipasangkan di sisi kanan belakang sepeda. Setelah pesanan contoh datang, kit berisi dinamo beserta dudukan, rantai, kontroler, dudukan tambahan untuk gir, gas dan rem, minus batre, uji coba dilakukan.

Entah pemasangan kurang kencang, gir ataupun dudukan tambahan selalu lepas. Memang tenaga dinamo cukup besar.

Kekurangan lain adalah tambahan beban pada sisi kanan belakang, membuat sepeda kurang stabil.

Berikutnya adalah mencoba kit model hub. Contoh yang dipesan adalah hub roda depan, namun tanpa pelek. Kit juga tanpa batre. Untung dua batre MF dari contoh dinamo samping masih ada. Jadi tak perlu beli batre dulu.

Kali ini, uji produk memberikan hasil baik. Hub di depan, sementara batre di bagai memberikan perimbangan beban yang stabil bagi sepeda.

Sayangnya, ketika hendak pesan untuk pembelian kurang dari 2 lusin, pihak produsen menolak.

Kadung sudah promosi di situs (gratisan) .co.cc (sekarang sudah ditutup penyedia situs tersebut). Akhirnya cari lagi produsen lain yang mau memberikan contoh produk dan nanti pembelian hanya partai kecil beberapa lusin.

Dan itulah, hub BLDC hitam depan atau belakang mulai ada di pasaran sejak tahun 2008. Saat itu yang didatangkan adalah dinamo berkekuatan 250w/24v.

Kit berisi dinamo berikut pelek dan ban, gas, kontroler, rem, bagasi, dan dua batre SLA 12v/10Ah warna hijau, tas batre, charger, indikator batre sekaligus lampu depan, serta tali karet warna ngejreng untuk mengikat batre di bagasi.

Itulah kilas balik 8 tahun menyediakan kit sepeda listrik dengan tag line “Mengubah Sepeda Biasa Jadi Luaarrrr Biasa”.

Fotonya seperti di bawah ini. Foto yang dinamo samping belum ketemu

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s