Automotive · Bike / Sepeda · Kota · Umum

Kendaraan Listrik Perlu Lebih dari Sekadar Dahlan Iskan

DALAM beberapa kesempatan Meneg BUMN, Dahlan Iskan mempromosikan dua jenis mobil listrik. Pertama adalah mobil listrik buatan Dasep Ahmadi, warga Depok.

Kedua adalah mobil listrik tucuxi karya Danet Suryatama, warga Yogyakarta. Bukan kebetulan, kedua orang yang menggeluti kendaraan listrik memiliki kemiripan nama Dasep – Danet.

Sebelumnya, ketika menjadi Dirut PLN, Dahlan Iskan mempromosikan sepeda listrik.

Jadi sudah tiga kali Dahlan memperkenalkan tiga kendaraan listrik. Namun dia berjalan sendiri, seperti mobil esemka yang hanya dipromosikan Jokowi.

Terlalu kuatnya dominasi dan lobi pabrikan Jepang memerlukan sosok pejabat lintas kementerian yang mampu dan bisa memberikan ruang “bermain” yang sama untuk pemain dalam negeri.

Bagaimana kebijakan LCGC alias low cost green car menjadi sasaran lobi pabrikan Jepang untuk menurunkan bea masuk agar harganya menjadi rendah. Padahal, jangan pernah memberikan insentif pajak, kalau mereka sendiri tidak menekan keuntungan yang sangat besar.

Sudah bukan rahasia lagi jika harga kendaraan bermotor di Indonesia termahal di dunia. Dan sebenarnya ada dua bukti harga kendaraan bisa turun. Saat masuk mobil Timor dan Mocin, harga kendaran buatan Jepang bisa diturunkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s