Bike / Sepeda · MTB

Plus Minus Tromol Bergigi dan Tidak

Baru dapet ilmu soal persepeda-listrikan. Ada dua macam sistem roda pada sepeda listrik, yaitu tanpa roda gigi alias melayang, dan menggunakan roda gigi alias bersentuhan.

Maksud melayang adalah antara kumparan dan magnet, juga antara as roda dengan teromol roda tidak ada bagian yang bergesekan, kecuali pada bagian poros ada dua laher.

Jadi dinamo jenis ini dikenal sebagai brushless (tidak ada sikat karbon seperti pada dinamo biasa) juga gearless (tidak ada roda gigi yang bersentuhan).

Keuntungannya adalah kebisingan lebih rendah, karena tidak ada roda gigi; kemudian tidak ada bagian yang aus, kecuali laher roda.

Kerugiannya adalah dimensi tromol harus besar untuk menghasilkan daya putar dengan banyak magnet.

Sedangkan roda sepeda listrik yang menggunakan roda gigi, ada bagian yang bersentuhan di dalam teromol, baik antara dinamo, gigi, dan tromol. Jenis ini biasa disebut geared dynamo.

Keuntungannya adalah dimensi (diameter) tromol yang lebih kecil dibandingkan model brushless.

Kerugiannya adalah ada bagian roda gigi yang bersentuhan, sehingga ada kemungkinan gigi tersebut aus atau malah rontok; juga suara yang ditimbulkan lebih keras akibat persentuhan antar gigi.*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s