Umum

Perjuangan Hidup

Kamis malam, sekitar pukul 21.15 wib. Saat hujan lebat melanda Bandung, terlihat satu sepeda motor melaju dengan kecepatan sedang di penggalan Jln. By Pass (Soekarno-Hatta) antara Buahbatu – Kiaracondong. (bisa juga dilihat di sini)
Sang pengendara mengunakan ponco untuk melindungi dirinya dari derasnya air tercurah di malam itu.
Pada bagian belakang terpasang dua tong plastik kotak warna biru dan tertera tulisan “Cibuntu”. Aha… itu adalah wadah tahu yang akan dipasarkan ke pasar dari hasil olahan kedelai masyarakat Cibuntu, sekitar Pasirkoja, terpaut sekitar 7 km ke arah barat.
Tapi tunggu dulu. Ada satu hal yang membuat trenyuh. Di balik ponco ternyata adapula penumpang. Seorang perempuan. Dapat dibayangkan duduk di atas jok belakang yang digunakan sebagai pembawa dua tong tahu. Alhasil, perempuan yang dibonceng itu seakan duduk bersila, karena kaki terhalang jika hendak dijulurkan ke bawah untuk menjangkau foot step.
Yang lebih membuat miris adalah kenyataan sang perempuan itu menggendong pula anak, meski tak jelas apakah balita atau malah batita. Jadi, sudah sulit menjaga keseimbangan, tidak bisa melihat jalan, menggendong anak, di bawah hujan deras, malam hari yang membuat orang lain enggan keluar rumah. salah sedikit, saat motor oleng atau melindas lubang, sang ibu dan anaknya bisa saja terpelanting.
Namun keluarga itu tetap harus mencari nafkah. Sang anak harus dibawa, mungkin tidak ada yang menjaga di rumah. Terkesan seperti tega membawa anak yang seharusnya tidur nyenyak, ini malah di bawa ke pasar. Bisa jadi jika anak sakit, justru keluarga penjual tahu itu harus merogo kocek lebih dalam.
Itulah perjuangan hidup. Mereka yang berjuang agar tak menjadi benalu bagi yang lain. Bahkan anak balita pun ikut berjuang untuk hidup (bisa juga dilihat di sini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s